agen gas elpiji

Menjadi Sub Agen Gas Elpiji

Kebutuhan masyarakat akan konsumsi gas elpiji saat ini semakin meningkat tajam. Hal tersebut terjadi seiring dengan adanya program pemerintah yang malakukan konversi dari minyak tanah ke gas elpiji. Kebutuhan akan gas yang berukuran 3 kg hingga 12 kg semakin tinggi di tingkat masyarakat kelas menengah hingga kelas atas sekalipun. Bahkan di banyak tempat, agen-agen minyak tanah kini telah beralih jalur menjadi agen gas elpiji.

Belum meratanya agen dan sub agen yang ada di berbagai daerah menjadi salah satu faktor kenapa menekuni bisnis ini cukup menjanjikan. Ada beberapa wilayah yang tidak memiliki sub agen yang dekat, sehingga ketika membutuhkan gas elpiji harus membeli ke agen yang jaraknya cukup jauh.
Sebuah sub agen sendiri dikenal sebagai sebagai turunan dari agen yang menerima pasokan resmi dari dan langsung dari depot pertamina. Setelah itu kemudian sub agenlah yang menjual dan mendistribusikan kepada pengecer atau warung-warung yang berada di sekitar lokasi sub agen. Dan selama ini, sistem pendapatan yang biasa diterapkan dalam bisnis tersebut adalah bagi hasil dengan agen yang manyalurkan gas elpiji tersebut.
Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha ini yang pertama adalah menyiapkan sebuah lokasi usaha atau tempat yang cukup luas. Ukuranya minimal bisa menampung gas elpiji berukuran 3 kg sebanyak 200 tabung. Setelah itu mencari agen resmi yang menampung gas pasokan dari pihak pertamina. Kemudian disitu dibicarkan sistem kerjasama apakah agen tersebut mengizinkan Anda untuk menjadi sub agennya. Ketika kerjasama sudah disepakati antara kedua belah pihak, langkah berikutnya adalah meminta izin pada lingkungan yang Anda tempati. Hal ini perlu dilaksanakan karena nantinya proses bongkar muat gas tersebut selain menimbulkan kebisingan juga menimbulkan resiko-resiko yang lain. Dan yang paling penting adalah modal yang Anda miliki cukup sebagai jaminan agen akan selalu memberikan pasokan gas elpijinya.
Hambatan yang biasa terjadi pada sub agen gas elpiji ini adalah terlambatnya pasokan dari agen. Kemudian juga adanya pengurangan pasokan dari agen karena pasokan dari pertamina juga berkurang. Dan yang paling utama itu lingkungan yang Anda tempati menjadi tidak nyaman karena adanya aroma gas, meskipun gas dari tabung telah habis, aroma gasnya masih tercium. Hal itu jika dibiarkan akan menimbulkan gangguan kesehatan dan cukup membahayakan jika terkena percikan api.
Untuk itulah, standar keamanan berupa pagar yang memadai dan cukup tinggi bisa Anda lakukan. Hal ini demi kemanan timbunan gas yang ada agar terhindar dari pencurian dan dari tindakan yang dapat membahayakan misalnya percikan api dari rokok.

Analisa ekonominya:

Modal Awal
Peralatan:
Renovasi tempat usaha                                  Rp. 3.000.000,00
Pemasangan pagar besi                                  Rp. 2.000.000,00
Deposit modal kea gen (untuk 300 gas 3 kg)             Rp. 5.000.000,00
Promosi                                                Rp.   100.000,00

Jumlah                                                 Rp.10.100.000,00

Perhitungan Laba/ rugi per bulan
Pendapatan
Omzet penjualan ± 300 tabung gas 3 kg
Harga jual gas Rp. 14.000,00 x 300                     Rp. 4.200.000,00

Biaya-biaya:
Upah karyawan (penyalur)
3 orang (@ Rp. 300.000,00                              Rp.   900.000,00
Pembelian gas                                          Rp. 2.000.000,00
BBM                                                    Rp.   150.000,00
Biaya penyusutan peralatan                             Rp.   210.395,00

Jumlah biaya                                           Rp. 3.260.395,00

Laba bersih                                            Rp.   939.605,00

Catatan: Perlatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp. 10.100.000,00-Rp. 1.000,00)/ 4 = Rp. 2.524.750,00 per tahun atau sama dengan Rp. 210.395,00 per bulan.

About these ads

Perihal hidayat
Hanya seorang manusia biasa

6 Responses to agen gas elpiji

  1. khanz_ mengatakan:

    “Saya mau buka pangkalan gas d smd pesisian..gimana bs bantu untuk 100tabung dulu,bs dikirim?”

  2. Anonymous mengatakan:

    aq mau informasi detailnya dong…syaratnya apa dn harus kemana yg bisa kasih harga murah…

  3. hidayat mengatakan:

    Mau jadi sub agen gimana caranya

  4. ady mengatakan:

    ane rencana mau buka juga mohon pentunjuk

  5. yoga multi mengatakan:

    saya pemasok gas kewarungan udah punya 150 outlate sedangkan pasokan sering terlambat dan kurang, dari yang di inginkan. sedangkan permintaan konsumen tiap hari sudang mencapai 300tabung per hari,saya butuh pemasok parner yang bisa di percaya dan bertanggung jawab,permintaan konsumen tiap hari sering dipending karna keadaan pasokan,oleh karna itu saya butuh pemasok yang handal dan tepat waktu.barabg kali mas Hidayat mau kerja sama dengan Yoga multi saya siap menjalankannya nomor yang bisa dihubungi:(022)2700606,sekian dan terima kasih,,di tunggu balasannya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: