Cara Memasang Saklar tangga

Pembahasan cara memasang saklar tangga (dapat juga di fungsikan sebagai saklar lorong) kita mulai dengan terlebih dahulu mengenal tentang saklar tukar (saklar 2 arah) atau bahasa aliennya SPDT switch singkatan dari Single Pole Double Throw switch. Saklar ini digunakan untuk memindahkan / menukar nyala dari lampu pertama ke lampu kedua. Berikut penjelasan gambar dari saklar tukar atau ada juga yang menyebut saklar 2 arah.
Jika konektor C terhubung pada titik 1 maka lampu 1 akan menyala dan lampu 2 akan mati dan sebaliknya jika konektor C terhubung pada titik 2 maka lampu 2 akan menyala dan lampu 1 akan mati. Gimana ? bisa dimengerti yaa…. Lalu apa hubungannya dengan saklar tangga ?
Ok.. Sebenarnya saklar tangga hanya istilah karena berada disekitar tangga. Fungsi maupun cara kerjanya sama seperti saklar lorong. Hanya karena digunakan pada lorong maka kemudian disebut saklar lorong, bahkan ada juga yang menyebut saklar hotel (tambah gak nyambung yaa…abis gimana yaa… nenek moyang kita yang nurunin tu istilah… jadinya kita yang keluar belakangan jadi ngikut dech…). Kembali ke pembahasan, dari istilah saklar tangga maka fungsinya tentu saja digunakan untuk memberi penerangan lampu pada daerah tangga tersebut. Penerangan pada tangga tersebut dapat menggunakan 1 buah lampu atau jika tangga tersebut lumayan panjang dapat menggunakan 2, 3, atau beberapa lampu (sebut saja kelompok lampu). Fungsi dari saklar tangga disamping  untuk penerangan juga untuk menghemat pemakaian listrik karena kita dapat menyalakan maupun mematikan lampu penerangan tangga tersebut dari lantai bawah maupun lantai atas. Dari penjelasan tersebut maka saklar tangga sebenarnya terdiri dari 2 buah saklar  yang dipasang pada daerah tangga bawah dan daerah tangga atas, sedangkan saklar yang digunakan adalah saklar tukar (saklar 2 arah). Berikut penjelasan gambarnya.
Untuk kondisi lampu penerangan tangga dalam keadaan menyala maka penjelasan mengenai koneksi dari kedua saklar tukar (saklar 2 arah) tersebut terlihat seperti gambar dibawah ini.
 atau seperti gambar dibawah ini.
Untuk kondisi lampu penerangan tangga dalam keadaan mati maka penjelasan mengenai koneksi dari kedua saklar tukar (saklar 2 arah) tersebut terlihat seperti gambar dibawah ini.

atau seperti gambar dibawah ini.

Mengenai pengawatan kabel dari pemasangan saklar tangga pada instalasi listrik terlihat seperti gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas masih disertakan jalur utama dari instalasi sampai pada T-doos terakhir, tetapi apabila jalur utama yang melewati rangkaian saklar tangga tidak di teruskan ke instalasi lainnya maka pengunaan kabel phasa (hitam) cukup sampai saklar tukar 1 (SPDT switch 1), kemudian kabel netral (biru) cukup sampai lampu, sedangkan kabel grounding (kuning) tidak digunakan.

About these ads

Perihal hidayat
Hanya seorang manusia biasa

18 Responses to Cara Memasang Saklar tangga

  1. nuryadi mengatakan:

    makasih

  2. Anonymous mengatakan:

    DIMANA BELI BAHANNYA ADA GAK DI BANDUNG

  3. hamim mengatakan:

    kalau menggunakan saklar tunggal dua buah bisa g ?

  4. setyawan mengatakan:

    Ini yang aku cari ????? makasih broooooooooo

  5. Adam Cah Jogja mengatakan:

    bagaimana cara memasang saklar tukar untuk 1 lampu…

  6. Gustaf mengatakan:

    Trima kasih atas penjelasan nya,apakah bisa d terangkan mengenai electrick instrument trima kasih

  7. haryo mengatakan:

    berarti pakai contactor magnetic yg sesuai dengan beban yg akan dipasangkan ya? seperti contoh pompa air (300 watt) berarti contactor yg dipakai minimal yg 300 watt. ya kan om?pa air (300 watt) berarti contactor yg dipakai minimal yg 300 watt. ya kan om?

  8. Anonymous mengatakan:

    gimana caranya memasang saklar tukar dgn 1 lampu , , kita mau masang lampu kamar ,kita pakaì saklar tukar 1 saklar kìta taruh dibwah dan 1 lagì dìatas.

  9. ADIT mengatakan:

    pengen nanyaaa ommm kl denagn saklar yg kaki nya 4 buahhh gmnnn apakahh sam dengan prinsip cara pemansangan saklar tunggal

  10. Eka mengatakan:

    Salam mas Hidayat…..

    Rangkaian saklar hotel/tukar yg d gambar…kebetulan yg saya cari….terima kasih.

    Kemudian saya mau tanya…….kalau beban/object nya berupa pompa air 300 watt…..type saklar apakah yg harus sy beli? dan toko yg menjual saklar tsb dmana? (sy d jakarta Timur)
    Terimakasih atas perhatian dan jawaban

    • auzan mengatakan:

      ganti aja beban lampu pd gambar dgn relay atau magnetik contactor (coil 220v).
      Trus pasang beban (pompa) di terminal NO (normally Open) pada relay atau mag contactor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: