Invest off – line

lama mikir. eh ternyata sewa toko ku sudah mau habis. susah juga kalau toko nyewa ya….
ini sekedar catatan pribadi sekalian share kalau ada yang mau
apa benar ya mendirikan bangunan mahal ?
dengan alasan itu saya mencoba menggarap bangunan saya sendiri yaitu pembangunan 4 buah toko dengan ukuran masing2 toko 3200 x 8000 cm / buah
wah kira2 berapa duit yaaaaa habisnya

ini sih akan saya ajdikan catatan pribadi saya
.
ternyata sebelum membangun itu kita harus bersih2 lahan, ups ada yag ketinggalan
sudah ada surat tanah belum ?
eh kemaren tanahku cuman ada aktanya sekarang mau bikin SEGEL tanah
lapor deh sama PAMBAKAL
eh ternyata ada pajak jual beli saudara , yaitu sebesar 2.5% dari harga jual beli tanah.
kemaren beli taahnya 60 juta jadi 2.5% nya sebesar = 1.500.000 wah mahal yaaaaa
ga tau ditempat teman2 yang lain
itu cuman pajak lo, kalau untuk harga segel sendiri itu saya ga tau hitungannya , cuman kemaren sih untuk ukuran volume 224 sebesar 500ribu sih.
jadi totalnya 2 JUTA. wedew. terkejut deh jadinya
cuman tu aturan yang berlaku di
KOMP PERUM GT ALABAN RT.13 / 2 MARTAPURA KAL_SEL
tapi ada trik biar bisa murah lo untuk pajak jual beli. caranya :
kasih tau ga ya ………
ini kan catatan pribadi, caranya bialng aja beli tanahnya 20 juta ……..  ckakakak
jadi 20juta x 2.5% = 500Ribu
emang bisa ……….?
ya iyaaaaaaaaaaalah
namanya juga kekeluargaan. hihiihihihihihi
sudah selesai deh masalh segel. belum lagi sertifikat LHO
tapi aku masih belum bikin. nanti aja di share kalau udah bikin

nah sekarang masalah persiapan lahan tadi. waduh… ditempatku banyak pohonnya.
hari pertama kemaren sebelum aku posting bersih2 sebagian pohon. eh sudah habisin uang lumayan
dirincikan deh
ukuran toko total 14 x 8 Meter
biaya yang dikeluarkan
membersihkan PISANG = Rp.100.000
Nebang pohon asam = Rp.100.000

ini sih kemaren
ukuran toko total 14 x 8 Meter
hari ini lebih banyak lagi bro…
ok kita mulai hari in ipertualangan membangun TOKO nya
IMB masih diurus. ga tau biayanya brapa ???????
yang jelas hari ini biaya keluar
makan dan minum tukang = 45.000
angkutan membuang sampah = 100.000
beli gorong2 buat sumur diameter 80 tinggi 50cm dua biji= 2*95.000 = 190.000
tutup gorong2 nya = 90.000
besi untuk cincin  sloof 27 batang
lengkapnya say ali\ampirin deh

ini yang ngantarin sampah
ngantar sampah

beli gorong2
beli gorong2

NOTA BELI BESI
BELI BESI

sudah dulu ya
ngantuk
total dana yang sudah keluar

Rp. 3.663.000
berjuag
besok harus bayar segel

kita nantikan biaya yang keluar besok

jreng-jreng

Perihal hidayat
Hanya seorang manusia biasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: