LAYANAN Usaha Warnet / Game Center

Dalam menjalankan bisnis warung internet ada beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan dan melakukan survey.
Survey Lokasi Usaha – Target Pasar.
Carilah target pasar yang ingin anda dapatkan dan carilah lokasi dimana pasar tersebut berada. Atau sebaliknya carilah lokasi usaha dan tentukan siapa target pasarnya. Dengan adanya lokasi dan target pasar yang jelas, tentunya anda bisa menentukan bentuk investasi, dekorasi, harga, strategi pemasaran dan lain sebagainya. Umumnya investor mencari lokasi sekitar kampus, daerah kos mahasiswa / karyawan, tempat yang sering dikunjungi orang asing maupun tempat-tempat bergaul.
Kombinasikan Dengan Jasa Tambahan.
Keuntungan anda akan berganda jika dapat mengkombinasikan strategi pemasaran warnetnya dengan jitu, misalnya dengan menyediakan berbagai jasa tambahan lainnya untuk menambah fungsi dan fasilitas dari warnet tersebut.
Misalnya :
· Membership community.
· Penerimaan jasa print dokumen.
· Jasa download file.
· Jasa penempatan mailbox
· Jasa multiplayer game.
· Jasa pembuatan homepage
· Penjualan berbagai makanan dan minuman.
· Penjualan accessories computer (disket, cd, vcd)

  1. Lokasi.
    Menentukan tempat usaha untuk membuka warnet ditentukan oleh siapa pengunjung yang nanti akan menjadi pengunjung warnet anda. Siapa saja yang bisa menjadi target pasar anda? Hampir semua orang – orang dilingkungan anda bisa menjadi target pasar anda. Diantaranya bisa pelajar, pekerja, pengajar, orang tua bahkan anak – anak.. Semakin padatnya penduduk dilingkungan yang akan menjadi tempat membuka usaha kita semakin bagus.  Maka anda bisa menentukan lokasi usaha kita disekitar Sekolah, Perumahan atau dekat Perkantoran. Bahkan bisa didaerah yang banyak dilalui oleh Kendaraan umum.
  2. Tempat usaha.
    Perlu diperhatikan pula tempat usaha (Bangunan) kita. Janganlah anda pilih Bangunan dengan ruang kecil karena akan mempengaruhi jumlah komputer yang akan dipasang. Pilih tempat usaha yang menyediakan tempat parkir yang lumayan luas dan aman.
  3. Komputer.
    Pilih komputer yang paling update. Pentingnya kita mencari tahu dan berkonsultasi dengan teknisi komputer untuk mengetahui hardware komputer yang akan diperlukan. Selain itu anda juga bisa tahu software – software yang akan mendukung kinerja komputer anda. Faktor jumlah komputer juga menentukan penghasilan warnet.Kebanyakan pengusaha warnet pemula memulai usahanya dengan jumlah komputer yang sangat sedikit. Kondisi ini sangat disayangkan jika dihubungkan dengan pembayaran koneksi internet yang akan dipakai. Setelah usaha warnet anda berjalan. Anda maksimalkan penghasilan warnet dengan 10 cara berikut ini:
  1. Pasang pamflet dan sebarkan brosur.
    Biaya untuk melakukannya cukup murah. Hanya butuh biaya fotokopi saja. Anda bisa tempelkan pamflet atau menyebarkan brosur itu di tempat-tempat strategis. Yang penting juga anda perhatikan adalah copywritingnya. Pastikan kata-kata dalam pamflet atau brosur itu mengambarkan keadaan warnet kita. Tapi jangan lupa disesuaikan, karena bentuk pamflet atau brosur dibatasi ukuran kertas.
  2. Ngobrol dengan teman.
    Cara ini yang paling gampang. Setiap bertemu teman, pastikan anda jangan lewatkan bisnis warnet menjadi salah satu bahan perbincangannya. Anda bisa ceritakan bagaimana pengalaman anda sendiri saaat mengikutinya. Dan betapa luar biasanya bisnis warnet sebagai usaha yang menjanjikan . Jangan ketinggalan sebutkan alamat dan nama warnet anda.
  3. Bergabung dengan suatu komunitas.
    Dengan memiliki teman-teman baru, peluang sukses anda akan lebih besar. Anda bisa ajak mereka untuk bergabung dengan bisnis internet anda. Ingat, banyak temna banyak rejeki.
  4. Berikan bonus gratisan pada pengunjung.
    Bisa berupa produk informasi, software, atau yang lainnya. Seperti stiker atau juga kaos yang berisi nama warnet kita. Tidak ada orang yang tidak suka diberi bonus gratis. Dengan cara itu anda sama saja melakukan promosi.
  5. Update terus Komputer.
    Sesuaikan komputer anda dengan perkembangan kebutuhan dan selera pengunjung. Jika anda merasa perlu, install produk terbaru anda seperti game – game yang tebaru atau tambahkan beberapa hal terkini di dalam Komputer anda. Sangat baik jika perubahan yang dilakukan juga bertujuan untuk menjangkau pasar target market baru.
  6. Ubah harga sewa.
    Tak perlu menurunkan harga perjam yang lebih murah dari pesaing. membuat harga paket perjam dengan harga perjam lebih murah.
  7. Kembangkan fitur warnet anda.
    Tak cukup hanya dengan mengandalkan sewa perjam komputer anda, namun pelayanan yang memuaskan juga perlu mendapat perhatian. Anda bisa pula menambahkan fitur-fitur tambahan untuk warnet anda. Seperti menyediakan scanner, printer, headset dan camera. Terus ditambah dengan menjual produk – produk lain seperti makanan, minuman dan alat tulis.
  8. Berikan kesan pertama yang menawan pada warnet anda.
    Saat seorang pengunjung pertama kali berkunjung, buat mereka terkesan. Bukan dengan spanduk game yang mungkin anda pasang besar-besar, tapi dengan bentuk suasana ruangan yang sejuk dan nyaman. Meja dan kursi yang nyaman.
  9. Bangun citra anda sebagai seorang pakar.
    Pengunjung akan lebih mudah percaya saran anda jika anda memang ahli dalam bidangnya. Seperti halnya tidak ada pasien yang menolak apa kata dokter. Bagaimana membangun reputasi anda? Selalu belajar dan komunikasikan bahwa anda memang pakar dalam suatu bidang.Seperti misalnya banyak mencari tahu tentang game- game online paling update.
  10. Tingkatkan kualitas pelayanan.
    Latih diri anda dan orang-orang yang membantu anda untuk bersikap ramah. Layani pengunjung dengan sebaik mungkin. Gunakan prinsip RSCM (Ramah, Sopan, Cepat, dan Memuaskan).

Perihal hidayat
Hanya seorang manusia biasa

3 Responses to LAYANAN Usaha Warnet / Game Center

  1. Anonim mengatakan:

    saya tertarik untuk usaha game center dan saya sdh memiliki lokasi kira2 brp dana yg di bthkan untuk 10 buah komputer game center dan kelengkapanya mohon penjelasannya thank for your info….

    • Ika Setyo Budiharto mengatakan:

      Jikalau memang ‘warnet game’ berarti spesifik komputer berkisaran 3-4jt dan jika 20 unit tinggal dikalikan saja, dan untuk perlengkapannya sprt: Speaker/Headset, Kursi, Meja, Printer itu tergantung merk dan kualitas yang anda pilih. Untuk semua itu sih kira-kira mencapai:

      Speaker: 50.000×10 = 500.000
      Kursi : 30.000×10 = 300.000
      Meja : 300.000×10 = 3.000.000
      Printer : 800.000×1 = 800.000
      Server : 4.000.000×1 = 4.000.000

      Client : (Dikira-kira) 3.000.000×10 = 30.000.000

      Jadi perkiraan semuanya adalah: Rp. 38.600.000
      Jadi garis besar perkiraan sekitar 40jt’an…

      (Semua yang di atas bisa berubah, tergantung merk, bahan dan kualitas barang yang anda beli,,

      terimakasih.

  2. nofi susanti mengatakan:

    kalau presentase komulatif untuk pangsa pasr game center kira2 siap n brp yw???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: